Beberapa Makanan Khas Sunda Yang Melegenda

Beberapa Makanan Khas Sunda Yang Melegenda

Beberapa Makanan Khas Sunda Yang Melegenda

Beberapa Makanan Khas Sunda Yang Melegenda – Yang menjadi salah satu daerah di Indonesia dan di kenal akan berbagai makanannya yang kaya akan cita rasa adalah daerah Jawa Barat.

Di tempat ini mereka menyebutnya adalah Tanah Sunda ini yang banyak tersimpan makanan khas sampai kini bahkan masih dapat juga ditemukan.

Bahkan Jawa Barat telah dijadikan sebagai pusat wisata kuliner dan sudah terkenal.
Ayo kita simak kuliner apa saja yang ada di daerah ini,

1.Karedok

Makanan ini merupakan salah satu khas Sunda, makanan yang hampir sejenis gado-gado. mungkin di lihat sekilas banyak yang menyangka asal karedok dari Jakarta.

Ternyata salah besar , karena karedok makanan asli khas Sunda, bahkan sudah sangat mudah di temukan di beberapa daerah. Bahan dari karedok seperti berbagai macam sayuran yang masih mentah dan segar.

kemudian di campur dengan saus kacang tanah yang digiling sampai halus, dalam rasa sedikit pedas pasti akan membuat anda sangat menikmatinya.

Karedok ini sangat cocok bagi siapa saja yang sedang menjlankan diet, karena bahan pokok menggunakan sayuran dan sangat sehat untuk di konsumsi.

Karedok ini sangat unik dan memiliki rasa yang tergolong unik pula, karena perpaduan rasa dari bumbu seperti kencur dan saus kacang yang di campur menjadi satu.

2. Lotek.

Lotek salah satu juga makanan khas Sunda yang tidak kalah soal rasa, makanan ini pun hampir sama dengan gado gado. Hanya dari tampilan dan bahan pembuatan yang agak berbeda.

Hanya lotek sedikit sama dengan pecel khas Jawa. Makanan ini juga terdiri dari sayuran yang sudah direbus kemudian disiram dengan bumbu kacang. makanan ini merupakan makanan terpopuler di Sunda.

Bahan dari Lotek ini tidak jauh dari berbagai macam sayuran, seperti kangkung, kembang kol, dan tauge.

Sampai terdapat juga beberapa sayur yang sangat wajib ada didalam lotek. Yaitu seperti bayam, Kacang Panjang, Kapri, Dan juga kacang kedelai

3. Mie Kocok.

Makanan khas Sunda yang banyak kita dapat didaerah Bandung. Mi kocok yng berbahan dasar dari mie kuning yang disajikan bersama kuah yang terbuat dari kaldu daging sapi.

Sehingga menimbulkan rasa yang sangat nikmat dan gurih.
Pada umumnya Mie Kocok ini sering disaji dengan tauge yang telah direbus, bakso, kikil yang telah diiris, jeruk nipis.

Kemudian ditaburan daun seledri dan daun bawang, serta bawang goreng. jika ingin membuat rasa lebih nikmat bisa di tambahkan dengan potongan babat.

Proses mengolah Mie Kocok ini dengan cara mengocok ngocok mie nya terlebih dahulu dalam tempat, kemudian di celupkan ke dalam air panas. Mie kuning yang digunakan memiliki ukuran yang pipih serta tekstur mie yang lembut.

Jika ingin lebih nikmat dalam rasanya, anda dapat memadukannya dengan bahan olahan ayam atau daging sapi.

4. Sate Maranggi.

Sate Maranggi ini berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Bahan utama dari sate ini adalah daging sapi atau kambing, Daerah Cianjur banyak menjajakan makanan ini.

Dalam hal pembuatan sate Maranggi ini bisa dikatakan berbeda dari sate lainnya, karena sebelum ditusukkan dagingnya di rendam dengan menggunakan bumbu kemudian dibakar.

Sate Maranggi ini tidak perlu di campur dengan saus pendamping lainnya karena sudah terasa dagingnya dengan ciri khas bumbu rendaman dari awalnya.

Sate Maranggi ini cukup didampingi dengan irisan bawang dan tomat, ketika anda menikmatinya pasti anda akan merasakan nikmat yang disajikan oleh cita rasa dari Sate Maranggi tersebut.

5. Empal Gentong.

Empal Gentong, yah empal ini dapat dibilang berbeda dengan empal gepuk. Bahan bahannya saja yang dapat di bilang sama dan juga sama sama dari daerah Sunda.

Bahan utama dari Empal gentong ini adalah daging, kuliner ini tergoling sederhana tetapi telah dikenal luas oleh berbagai kalangan.

Empal gentong juga merupakan makanan khas daerah Cirebon juga, Sunda Jawa Barat.

Empal gentong ini merupakan masakan yang berupa jenis gule atau gulai, potongan daging sapi yang sudah di cincang beserta kuah yang di santan.

Lontong atau nasi serta cabai yang bubuk adalah teman yang pas untuk Empal gentong tersebut. Rasa nikmat dari daging sapi ini sangat spesial.

Karena sari bumbu yang begitu menyatu dalam Empal Gentong tersebut, sangat pas untuk dilidah anda dan pasti akan menambah selera makan anda.

Baca Artikel Menarik Lainnya : Tom Yam, Kuliner Khas Thailand