Fish and Chips (Inggris)

Fish and chips (dalam bahasa Inggris berarti Ikan dan kentang) adalah makanan pesan-bawa yang paling terkenal yang berasal dari Britania Raya. Makanan ini terdiri dari ikan (secara tradisional cod) ditepungi dengan tepung roti dan dimakan bersama kentang goreng yang dipotong panjang.

Fish and chips populer di Britania dan jajahannya pada abad ke sembilan belas, seperti Australia dan Selandia Baru serta Kanada. Fish and chips juga populer di beberapa bagian di Amerika Serikat sebelah utara (New England dan Barat Laut Pasifik).

Sejarah

Fish and chips adalah makanan populer di kalangan kelas pekerja di Britania Raya sebagai hasil dari cepatnya perkembangan penangkapan ikan dengan pukat di Laut Utara, diiringi pembangunan jalan kereta api yang menghubungkan pelabuhan-pelabuhan dengan kota-kota industri utama semasa paruh kedua abad ke-18. Sebagai akibatnya, ikan segar dapat diangkut dengan cepat ke kawasan berpenduduk padat. In 1860, the first fish and chip shop was opened in London by Joseph Malin.

Fish and chips di Brighton, Inggris

Potongan kentang goreng sebagai hidangan juga mungkin pertama muncul di Britania sekitar periode yang sama. Kata chips menurut Oxford English Dictionary pertama kali digunakan oleh Charles Dickens dalam cerita A Tale of Two Cities (terbitan 1859): “Husky chips of potatoes, fried with some reluctant drops of oil”.

Toko fish-and-chip modern (disebut “chippy” atau “chipper” dalam bahasa slang modern Britania) berasal dari Kerajaan Bersatu, meskipun gerai penjualan makanan gorengan umum terdapat di seluruh Eropa. Pada awalnya, toko-toko fish-and-chip hanya memiliki fasilitas sangat terbatas. Di toko seperti ini biasanya memiliki kuali besar berisi lemak untuk menggoreng dengan api dari arang. Selama Perang Dunia II fish and chips bertahan sebagai salah satu jenis makanan di Kerajaan Bersatu yang tidak dijatah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *