Kuliner Yang Terkenal Khas Bali

Kuliner Yang Terkenal Khas Bali
Kuliner Yang Terkenal Khas Bali

Kuliner Yang Terkenal Khas Bali – Bali merupakan suatu daratan yang terpisah dengan pulau besar Jawa, tetapi letak posisinya tidak terlalu jauh dari Jawa Timur.

Bali sangat di kenal bahkan sampai memiliki daya tarik yang sangat baik dan terkenal di dunia wisata, bukan hanya didalam negeri saja tetapi di mancanegara sekalipun.

Betapa terkenalnya panorama Bali, sehingga para wisatawan mancanegara mengira Bali merupakan tempat yang terpisah dari NKRI.
Bahkan Balipun telah di juluki sebagai Pulau Dewata, karena keindahan lautnya sangat terkesan oleh mata dunia dan kebudayaan Hindu yang masih tetap terjaga sampai saat ini.
Mayoritas masyarakat Bali memeluk agama Hindu.

Bukan hanya panorama alam yang membuat Bali di kagumi, tetapi kenikmatan dari kulinernya juga yang membuat Bali daerah yang sempurna.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan khas Bali yang wajib sekali untuk kamu coba bersama dengan keluarga anda.

Babi Guling

Menu andalan Bali dan tergolong paling banyak penggemarnya adalah Babi guling, Menu ini menjadi salah satu makanan khas Bali yang paling banyak diburu oleh para wisatawan saat mereka berkunjung ke Bali.

Babi Guling Bali menjadi makanan yang khas dan tergolong unik karena di sajikan babi yang masih utuh serta di bagian perutnya diisi dengan berbagai macam bumbu dasar yang berbahan kunyit, bawang putih, bawang merah, cabai dan rempah lain yang menambah kelezatan bahkan cita rasa tersebut.

Bebek Betutu.

Ini adalah salah satu makanan khas Bali yang bahan pokoknya berupa daging bebek, dan salah satu menu yang dilirik oleh wisatawan ketika berkunjung ke Bali.

Berbagai macam bumbu yang digunakan dalam mengolah bebek betutu, antara lain bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe serta masih banyak bumbu bumbu lain yang digunakan untuk menambah lengkap nikmatnya menu ini.

Rasa dari Bebek betutu ini sangat khas serta nikmat karena empuk, dan penggunaan rempah yang cukup dominan. keunik dari bebek betutu adalah cara memproses masaknya yang menyita waktu hingga 6 jam, sampai daging bebek benar-benar empuk dan bumbunya meresap ke dalam dengan sempurna.

Sate lilit

Berbeda dengan sate pada biasanya. Umumnya potongan dagingnya ditusuk, tetapi sate khas Bali ini terbuat dengan metode daging yang telah dihaluskan, dililitkan pada batang daun serai ataupun tangkai bambu. Daging yang digunakan bukan cuma daging ayam, dapat daging babi ataupun ikan tenggiri.

Nasi Jinggo

Nasi jingo yang berasal dari bali ini hampir sama seperti nasi kucing dari jogja. Yang mana takaran dari nasi jingo ini hanya sebesar kepalan tangan orang dewasa saja. Dan ditambah lagi dengan ayam suwir, Mie Goreng dan juga Tempe

Yang sangat khas merupakan sambalnya, luar biasa duper pedas. Kalian gak hendak kenyang jika hanya makan sebungkus. Dipastikan, kalian bakalan nambah lagi!

Nasi tepeng

Santapan khas dari Gianyar ini disajikan dengan lumayan lembek semacam bubur.  Nasi ini telah dilengkapi dengan kacang merah, Kacang panjang, Terong, Daun Kelor, Nangka muda dan juga kelapa parut.

Terdapat pula telur serta suwiran daging ayam. Terlebih ditambah dengan siraman bumbu bumbu ala Bali, menaikkan kelezatan nasi tepeng satu ini.

Sate plecing

Bumbu plecing terdiri dari cabai rawit, tomat, garam, terasi, serta air jeruk limau. Rasanya pedas gurih serta sedikit asin. Satenya bukan cuma dari daging ayam saja, namun terdapat yang daging ikan serta babi. Kalian ingin seleksi yang mana?

Tum ayam

Tum ini merupakan sejenis pepes, dibuat dari kombinasi daging ayam, aneka bumbu, serta santan. Seluruh kombinasi dari bahan tersebut dibungkus dengan daun pisang, kemudian dikukus. Jika bosan dengan daging ayam, tum pula bus disajikan dengan daging bebek serta yang lain, kok.

Komoh

Santapan yang berisi hati, kulit, serta daging ini umumnya disajikan dikala kegiatan keagamaan. Daging yang digunakan dapat daging ayam, bebek, ataupun babi.

Rujak bulung serta rujak kuah pindang

Sensasi pedas hendak kalian rasakan sehabis mencicipi irisan manga dengan kombinasi kuah pindang serta cabai yang luar biasa pedas. Gak hanya mangga, kalian pula dapat mengubahnya dengan buah lain ataupun rumput laut. Di Bali, rujak rumput laut yang memakai kuah pindang diucap rujak bulung. Selamat berupaya!