Lok Lak (Makanan Khas Kamboja)

Makanan Khas Kamboja – Lok Lak merupakan salah satu makanan khas dari negara Kamboja yang hampir mirip dengan makanan khas dari Vietman yaitu Bò lúc lắc. Makanan khas Kamboja yang satu ini salah satu hidangan dari daging sapi yang di tumis lalu di sajikan dengan sayuran. Setiap potongan daging sapinya pn di potong menyerupai bentuk dadu atau di iris kecil-kecil.

Untuk olahan masakannya ditumis dengan menggunakan bumbu kecap asin dan lada, kemudian disajikan dengan irisan bawang merah, mentimun, dan tomat. Hidangan ini dipercaya terinspirasi dari pengaruh masakan Perancis atas masakan Vietnam dan Kamboja ketika masa kolonial Indochina.

Secara harfiah dalam bahasa Vietnam Bò lúc lắc berarti “sapi goyang” atau lebih tepatnya “sapi oseng” yang mengacu kepada gerakan mengoseng di atas wajan. Nama makanan ini dikaitkan dengan bentuk irisan daging sapi yang menyerupai dadu, bermain dadu disebut hột lúc lắc dalam bahasa Vietnam. Dulu daging sapi dianggap sebagai bahan makanan mewah dalam masakan Vietnam. Karena itulah hidangan ini biasanya hanya disajikan dalam acara-acara istimewa, seperti pernikahan, ulang tahun, atau perayaan lainnya.

Tetapi dalam versi Kambojanya disebut sebagai Lok lak, yaitu irisan daging sapi tumis yang disajikan di atas lembaran daun selada, irisan mentimun dan tomat, serta disajikan dengan saus celup dari campuran limau atau jeruk nipis, garam dan lada hitam Kampot.

Sepertinya nikmat kan gaes makanan yang berasal dari Kamboja ini. Apakah anda penasaran dengan makanan khas dari Kamboja yang lainnya? Silahkan simak anda ketik link yang ada di bawah ini ya gaes.

Baca juga: 5 Makanan Khas Kamboja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *