Maple Syrup (Kanada)

Maple Syrup merupakan sebuah sirup yang didapatkan dengan menyadap getah xylem dari Maple hitam, Maple gula atau Maple merah. Maple Syrup memiliki kandungan quebecol yang bermanfaat mencegah beberapa penyakit, yakni kanker, diabetes, alzheimer, dan penyakit lain yang disebabkan bakteri.

Sirup ini mengandung lebih dari 20 senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan manusia.

Maple Syrup

Tiga spesies Maple yang saat ini dominan dalam menghasilkan Maple Syrup adalah Maple gula (Acer saccharum), Maple hitam (A. nigrum), dan Maple merah (A. rubrum),:8-10 Beberapa pakar botani memasukan Maple hitam sebagai subspesies atau kultivar dari Maple gula. Maple merah memiliki rasa yang bervariasi tergantung musim karena Maple merah memiliki musim bertunas yang lebih pendek dibandingkan kedua jenis Maple lainnya.

Spesies lainnya dari genus Acer yang juga menghasilkan Maple Syrup adalah Acer negundo, Maple perak (A. sacharinum),. dan Maple berdaun lebar (A. macrophyllum).

Sirup yang serupa dengan Maple juga dihasilkan dari pohon lain, yaitu sirup birch dan sirup palem.

Produksi

Produksi Maple Syrup dilakukan dengan mengumpulkan getah pohon Maple lalu mendidihkannya untuk mendapatkan sirup murni. Satu liter sirup didapatkan dengan mendidihkan antara 20 hingga 50 liter getah tergantung pada konsentrasinya, di udara terbuka dengan temperatur sekitar 4.1 derajat celcius di atas titik didih air pada tempat tertentu.

Pendidihan sirup membutuhkan proses yang terkendali. Pendidihan yang terlalu lama menyebabkan terjadinya kristalisasi, sedangkan pendidihan yang terlalu singkat menyebabkan sirup cepat rusak. Sirup yang telah selesai dididhkan akan memiliki skala Brix sebesar 66 derajat. Sirup lalu disaring untuk menghilangkan pasir gula, yaitu kristal yang tersusun atas gula dan kalsium malat. Kristal ini tidak bersifat racun melainkan menyebabkan tekstur sirup tidak menyenangkan. Sirup lalu dikemas ketika masih dalam kondisi panas.

Sirup juga dapat diproses lebih lanjut untuk mendapatkan produk lain seperti gula Maple, mentega Maple, dan permen Maple.

Kualitas rasa sirup dapat berkurang (off flavor) tergantung pada berbagai kondisi, termasuk keberadaan kontaminan, terjadinya fermentasi karena penyimpanan yang terlalu lama, dan kondisi pohon (misal penyadapan dilakukan di musim bertunas). Sangat mungkin bagi industri saat ini untuk mencegah penurunan kualitas tersebut melalui pemrosesan meski getah telah disadap.

Author: jordan smith