Resep Makanan Khas China, Bakpao Kukus

Resep Makanan Khas China, Bakpao Kukus – Bakpao merupakan makanan khas dar China yang sekarang menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. Perkembangan bakpao kukus menjadi terkenal di Indonesia, karna dari masyarakat suku Tionghua yang merupakan keturunan dari masyarakat negara China. Kata dari Bakpao kukus mempunya arti tersebdiri, Pao yang artinya bungkusan dan Bak yang artinya daging. Jadi Bakpao berarti bungkusan yang berisi daging.

Baca juga: Resep Menu Masakan Siomay Dimsum China

Pada awalnya daging yang paling lazim digunakan adalah daging babi. Akan tetapi bakpao juga dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayur-sayuran, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau, dan sebagainya. Kulitnya sendiri dibuat dari adonan tepung terigu diberi yang diberi ragi lalu di kukus sampai matang. Bagi anda yang penasaran untuk mencoba kue khas dari China ini, anda bisa mencoba resep ini di rumah anda.

BAHAN

– 500 gram terigu serba guna
– 1 bungkus ragi instan (8gram)
– 1 sdt gula pasir
– 3 sdm minyak goreng
– 250 ml air hangat
– 2 sdm minyak, untuk menumis
– 300 gram daging dan kulit ayam cincang
– 1 sdt cuka beras
– 2 sdt minyak wijen
– 2 sdm saus tiram
– 2 sdm kecap manis
– Garam secukupnya

CARA MEMBUAT

1 Campur terigu, ragi, gula pasir, dan minyak goreng. Beri air lalu remas dan uli sampai kalis. Masukkan dalam baskom, tutup dengan kain lembab. Letakkan di tempat yang hangat selama 30 menit dan biarkan adonan mengembang dua kali ukuran semula. Remas adonan dan uli kembali. Diamkan selama 15 menit. Bagi menjadi 12 bagian. Sisihkan.

2. Panaskan minyak, tumis daging dan kulit ayam. Beri cuka beras, minyak wijen, saus tiram, kecap manis, garam, dan gula. Aduk rata. Masak sampai ayam matang. Angkat. Bagi menjadi 12 bagian.

3. Pipihkan satu bagian adonan beri satu bagian isi. Lipat sisi adonan ke atas dan rapatkan. Alasi dengan sepotong kertas roti, lalu kukus selama 15-20 menit. Angkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *