Resep Masakan Khas Jepang Oyakadon

Resep Masakan Khas Jepang Oyakadon – Bagi anda pecinta masakan khas jepang, pastinya tau beberapa jenis masakan jepang seperti, susi, ramen, tempura dan lain sebagainya. Oyakadon ini juga salah saatu makanan khas dari negara jepang gaes, makanan ini berupa nasi putih dengan berbagai macam lauk di atas nasinya seperti ikan, daging dan sayuran, makanan ini juga berkuah maka dari itu di hidangkan di dalam mangkuk besar yang khas bernama Donburi.

Baca juga:

Nah bagi anda semua yang belum pernah mencicipi citra rasa masakan khas dari negara Jepang ini sekarang tidak perlu lagi untuk penasaran dengan citra rasanya yang nikmat. Anda dapat mencoba menu masakan khas jepang Oyakadon di rumah anda sekarang gaes, anda tinggal mengikuti cara pembuatannya berikut.

Bahan untuk membuat Oyakadon

– 160 gram ayam tanpa tulang. Sudah dihilangkan tulangnya, cuma daging ayamnya saja yang tersisa.
– 3 butir telur.
– 100 gram bawang bombay, kira-kira sekitar 1-2 siung.
– 250 ml air.
– 30 ml kecap asin.
– 10 gram gula.
– Dianjurkan sedia beras untuk empat mangkuk. Tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil, ukuran standar yang biasa dipakai untuk bakso atau mie rebus. Tapi kalau mau pakai nasi yang sudah jadi pun tidak apa-apa.

Cara pembuatan Oyakodon

1. Masak beras hingga menjadi nasi terlebih dahulu, jika tidak mau repot bisa menggunakan nasi yang sudah masak saja.

2. Selagi itu iris bawang bombay dan suwir ayam. Buat potongan memanjang menjadi potongan kecil sesuai ukuran yang dikehendaki.

3. Sekarang kocok telur 3 butir dalam mangkuk sampai mengembang, tambahi garam dan penyedap rasa secukupnya.

4. Campurkan bahan-bahan berikut untuk membuat sausnya. Yaitu air, gula, dan kecap asin, dalam panci kecil dan masak hingga mendidih.

5. Taburkan irisan ayam dan bawang secara merata di atas panci tersebut. Tutup penggorengan serta masak dengan api kecil selama 4 menit. Lalu angkat tutup panci.

6. Pastikan bahan-bahan tadi sudah mendidih sebelum Anda menuangkan telur kocok dengan gerakan menyebar. Biarkan hingga telurnya setengah matang.

7. Matikan api lalu tutup kembali penggorengan selama 1 sampai 2 menit dan biarkan panasnya merata.

8. Sediakan 4 buah mangkuk besar. Masukkan nasi panas tadi di setiap mangkuk dan siram campuran telur, ayam dan saus barusan di atasnya. Hidangkan di meja makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *